Jenis dan manfaat asuransi jiwa

Share on :
Asuransi jiwa adalah kebijakan di mana seorang individu dapat melindungi diri terhadap keadaan yang tak terduga. Secara sederhana asuransi jiwa dapat diartikan sebagai perjanjian tertulis yang tercantum didalam polis asuransi, yang dibuat oleh penanggung kepada tertanggung, yang mana penanggung (perusahaan asuransi) akan memberikan kompensasi sejumlah uang, sesuai denga perjanjian, jika sesuatu terjadi atau menimpa tertanggung (pemegang polis).

Penanggung memberikan tawaran berbagai jenis produk asuransi sesuai dengan persyaratan, tertanggung bebas untuk menentukan membeli sesuai dengan kebutuhan, dan berkewajiban membayar premi tepat waktu.

Signifikansi dari polis asuransi jiwa

Polis asuransi jiwa adalah semacam keamanan finansial bagi keluarga. Kebijakan ini membantu untuk melindungi keluarga Anda dari setiap kejadian yang tidak biasa seperti penyakit, kematian, dan lain-lainl. Biaya kebijakan tergantung pada usia dan kondisi keuangan dari orang yang membeli polis asuransi. Anak-anak muda membeli polis asuransi untuk keluarga mereka sebagai sumber pendapatan dalam kasus sesuatu terjadi pada mereka. Para orang tua membeli polis asuransi untuk meninggalkan sejumlah uang untuk anggota lain dari keluarga ketika mereka meninggal dunia.

Banyak dari kita membeli asuransi jiwa karena ingin memastikan bahwa orang yang kita cintai tetap aman secara finansial setelah kita meninggal dunia. Pengganti penghasilan adalah alasan utama orang membeli asuransi jiwa. Langkah pertama dalam perencanaan asuransi jiwa adalah melakukan analisis kebutuhan asuransi jiwa Anda, yang berarti kebutuhan ekonomi untuk keluarga yang menjadi tanggungan anda.

Sebelum membeli polis asuransi jiwa, pertimbangkan situasi keuangan Anda dan standar hidup yang ingin Anda pertahankan untuk kerabat yang menjadi tanggungan Anda. Anda mungkin ingin bertanya pada diri sendiri, “siapa yang akan bertanggung jawab atas biaya pengobatan Anda, saat Anda sakit sampai meninggal dunia”, misalnya. Atau, “Apa yang akan terjadi jika keluarga Anda harus pindah atau mengubah standar hidup mereka setelah Anda meninggal dunia?.” Dan tidak kalah penting, Anda juga harus mempunyai asumsi tentang kematian yang mendadak, meskipun itu tidak Anda harapkan. Asumsi ini diperlukan untuk menentukan kebutuhan asuransi jiwa saat ini untuk keluarga atau kerabat yang akan Anda tinggalkan.

Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan keuangan jangka panjang untuk anggota keluarga Anda, seperti biaya kesehatan untuk anak atau istri, misalnya anak atau istri Anda mempunyai penyakit yang membutuhkan biaya pengobatan yang besar, biaya pendidikan, hutang di bank, biaya pajak tanah dan bangunan, kebutuhan pajak atas usaha atau bisnis Anda, dan biaya tak terduga lainnya yang dapat Anda perkirakan atau perhitungkan sebelum Anda menentukan polis asuransi jiwa untuk Anda.

Karena asuransi jiwa membutuhkan perubahan dari waktu ke waktu, maka Anda harus melakukan evaluasi secara berkala asuransi jiwa Anda. Para pakar asuransi merekomendasikan meninjau cakupan kebijakan asuransi jiwa Anda setiap lima tahun sekali, atau setiap kali Anda mengalami peristiwa besar dalam hidup Anda, seperti perubahan pendapatan atau aset, perkawinan, perceraian, kelahiran atau adopsi anak, atau pembelian besar seperti rumah atau bisnis.

Jenis-jenis polis asuransi jiwa dan manfaatnya

Asuransi jiwa memiliki bermacam-macam jenis produk, dimana masing-masing jenis produk itu memiliki manfaat yang berbeda-beda. Jenis-jenis produk asuransi jiwa ini bertujuan untuk melayani berbagai macam kebutuhan, kemampuan, dan daya beli masyarakat.

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term)

Asuransi Jiwa Berjangka merupakan kebijakan yang paling sederhana dan paling murah. Polis ini biasa diambil untuk jangka waktu tertentu, misalnya 10 tahun, 20 atau 30. Tujuannya untuk menyediakan kebutuhan temporer, seperti pendidikan anak, rumah, pembayaran hipotek, dan lain-lain. Jenis produk ini cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan biaya asuransi yang besar tapi hanya memiliki daya beli yang terbatas.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Asuransi Jiwa Seumur Hidup adalah jenis dasar Asuransi Jiwa Permanen yang memberi proteksi asuransi seumur hidup bagi seseorang. Jika Anda ingin manfaat yang lebih dari sekedar santunan kematian, atau Anda menyukai ide tabungan jangka panjang. Jika Anda menginginkan proteksi jiwa sekaligus mempunyai tabungan untuk kebutuhan darurat, seperti biaya tagihan rumah sakit. Atau, jika Anda ingin mendapatkan pertumbuhan modal investasi, Anda dapat mempertimbangkan membeli polis asuransi ini. Tapi bersiaplah untuk membayar premi yang lebih tinggi dari Asuransi Jiwa Berjangka.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Asuransi Jiwa Dwiguna adalah jenis asuransi jiwa yang memberikan dua keuntungan sekaligus. Manfaat yang pertama berupa penerimaan sejumlah uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dalam periode waktu tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang dibeli. Kedua, jika tertanggung masih hidup saat jangka waktu berakhir, tertanggung akan mendapatkan seluruh uang pertanggungan.

Sebelum Anda membeli polis asuransi jiwa, maka disarankan agar Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya pada beberapa perusahaan asuransi, kemudian membandingkan proteksi yang diberikan dengan premi yang harus dibayarkan. Juga perlu dipertimbangkan, berapa banyak anggota keluarga yang menjadi tanggungan Anda, dan inventarisir kebutuhan pendidikan yang dibutuhkan untuk anak Anda. Juga biaya perawatan kesehatan atau pengobatan jika terdapat anggota keluarga yang memiliki atau berpotensi terjangkit suatu penyakit yang membutuhkan biaya yang besar. Jika Anda mempunyai dana yang lebih, Anda dapat membeli polis asuransi pendidikan dan kesehatan secara tersendiri.

Artikel Terkait :

4 comments:

Redaksi said...

Good information & nice blog...

Terima kasih atas informasinya yang sangat detail tentang jenis dan manfaat asuransi.

Semoga saya dan para pembaca lainnya jadi bisa memilih Asuransi Jiwa Terbaik

Unknown said...

apakah asuransi jiwa mengcover biaya perawaran di rumah sakit ?

Blogger said...

mas Erik Setiawan: Iya mas.Terutama untuk Jenis asuransi unitlink. contohnya seperti prudential mas ada namanya manfaat tambahan biasanya disebut dengan Rider. di situ ada Manfaat rawat inap dan pembedahan, seperti biaya kamar, obat2tan,operasi,ICU,Kunjungan dokter, ambulan dan lain2.. masnya juga bisa menambah manfaat yang lainnya tergantung permintaan nasabah. Untuk lebih jelasnya masnya bisa kunjungi rizaltesas.blogspot.com tentang 5 manfaat asuransi.

Anonymous said...

Kebanyakan asuransi saat ini memberikan promo menarik akan tetapi saat perjalanan jadi kurang baik.

Post a Comment

 
@ 2012 | ASURANSI TIPS | PRIVACY POLICY